Selamat siang pembaca setia
MAKEADREAMS , membuat sebuah bangunan hal terpenting dalam perencanaan pembangunan adalah gambar desain bangunan . dalam sebuah gambar kita juga harus dapat menggambar desain tampilan 3d nya , supaya bangunan yang ingin kita buat dapat di terjemahkan dengan baik oleh pemborong atau pembeli rumah tersebut . ada beberapa software yang dapat di gunakan untuk menggambar bangunan dengan tampilan 3d , ingin tau software apa saja yang di gunakan untuk menggambar bangunan dengan tampilan 3d baca juga artikel tentang
Kumpulan Software Terbaik Untuk Mendesain Rumah . salah satu software yang biasa di gunakan untuk menggambar bangunan dengan tampilan 3d adalah software autocad . dengan tingkat akurat yang tinggi anda dapat membuat tampilan bangunan 3d yang menyerupai bangunan aslinya .
Autocad ini sudah banyak di gunakan oleh arsitek - arsitek untuk membuat gambar kerja dan gambar 3 dimensi . tampilan yang di hasil kan juga terlihat nyata . mungkin di antara anda belum mengerti Cara Menggambar Rumah 3d Di Autocad , berikut ini adalah cara - caranya
Cara Menggambar Rumah 3d Di Autocad
- Buat lah sebidang tanah menggunakan Rectangle atau REC , klik di sembarang tempat ,lalu masukan ukurannya klik Dimension atau D dan masuk kan ukuran 12 klik spasi 9 klik enter atau spasi hingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini
- Setelah gambar sebidang tanah sudah jadi , lalu anda Offset atau O un3D . dengan cara klik Offset atau O lalu klik gambar yang ingin di gandakan , masukan ukuran 1 lalu taruh di dalam gambar sebelumnya dan klik enter atau klik spasi . hingga menghasilkan gambar seperti di bawah ini
- Lalu buat lah denah Kamar dengan ukuran 3 x 3 , KM 1,5 x 1,5 dan Ruang tamu 6 x 4 . dengan Rectangle seperti cara membuat sebidang tanah tadi namun letak kotak hasil Rectangle di sudut kotak terdalam
- Dan Offset kembali kotak - kotak kamar itu ke bagian dalam kotak kamar anda dengan ukuruan dinding yaitu 1,5 hingga menghasilkan gambar seperti gambar di bawah ini .
- Kemudian Extrude atau EXT gambar tersebut untuk menampilkan tampilan 3d anda . dengan cara klik semua gambar lalu klik Extrude atau EXT dan masukan ukuran standar bangunan yaitu 3,5 dan lihat lah hasil nya menggunakan SE Isometric
- Setelah itu kalian lubangi bagian - bagian ruangan menggunakan SUBTRAC . subtrac lah terlebih dahulu dinding terluar pada bangunan . dengan cara klik Subtrac atau SU lalu pilih lah gambar yang tidak ini di lubangi lalu klik enter atau spasi , setelah itu pilih gambar yang ingin di lubangi klik enter atau spasi lihat lah hasil nya . dengan cara pilih tampak atas lalu klik Flat Shaded dan akan terlihat bagian - bagian yang sudah anda lubangi seperti gambar di bawah ini
- Lalu anda lubangi juga ruangan - ruangan lain , caranya seperti no 6 , jika sudah lihat lah hasil nya gunakan Flat Shaded dan 3D orbit (view 3D orbit) , seperti gambar di bawah ini .
- Setelah itu buat lah pintu dan jendela menggunakan Rectangle dengan tampilan Front view lalu Extrude dan Subtrac . seperti gambar di bawah ini
- Lalu buat lah lubang untuk pintu dan jendela dengan menggunakan rectangle seukuran dengan pintu dan jendela ukuran seperti gambar di atas lalu di extrude . lalu letakkan di bagian bangunan yang ingin kalian lubangi sebagai pintu dan jendela ditambah ventilasi nya . seperti melubangi bangunan dan lihat lah hasilnya seperti gambar di bawah ini
- Setelah itu pindah kan pintu dan jendela yang tadi anda buat ke lubang yang sudah tersedia menggunakan comment Move atau M . seperti gambar di bawah ini
- Lalu buat lah gambar atap dengan menggunakan rectangle dengan ukuran 11 x 8 dan sebelum anda extrude lihat lah terlebih dahulu elevasi nya jika masih 0 ubah lah menjadi 3.7 , lalu extrude lah setinggi 3 , dan extrusionnya 6,5 . seperti gambar di bawah ini
- Lalu letakkan gambar atap di atas gambar bangunan tadi dengan menggunakan Move seperti anda memindahkan Pintu dan Jendela tadi . dan hasilnya seperti gambar di bawah ini
- Setelah itu arsir lah gambar atap tersebut dengan cara klik Tools , terus New dan 3 point . kliki 3 titik yang akan di arsir . lalu beri perintah BHatch , dan pilih lah jenis arsiran sesuai dengan atap dan atur skala nya menjadi 0,08 , setelah itu pilih Pick Point . pilih bagian atap yang ingin di arsir dan klik enter atau spasi , setelah itu klik Seleck Objects pilih objects yang akan di arsirannya . klik ok
- Lalu buatlah rectangle seperti ukuran atap lalu di extrude dengan elevasi 3.5 dan letakkan di bagian atap .
jika sudah berilah warna pada bangunan sesuai dengan yang anda inginkan
Jika semua langkah sudah kalian lakukan dengan benar maka bangunan yang akan anda gambar pun akan sesuai dengan hasilnya
Terimakasih sudah mengunjungi
MAKEADREAMS dan membaca artikel tentang
Cara Mudah Menggambar 3D Di Software Autocad semoga artikel di atas bermanfaat untuk kalian semua .
Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menggambar 3D Di Software Autocad"
Post a Comment